Jumat, 01 Maret 2013

Berita



BAHASA INDONESIA PERLU MENDAPAT PERHATIAN DAN MEMBUDAYAKANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
D:\Dokumen Foto\Dokumen Foto\RRI Pro 1\DSC09997.JPGGunungsitoli,(SIB)

Nara sumber (Elias Laia, S.Pd.) Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia IKIP Gunungsitoli sedang mengudara di RRI Programa 1 Gunungsitoli dan Moderator (Kamarudin Zai)

Berdasarkan perkembangan IPTEK yang sangat pesat memberikan dampat yang sangat positif dan juga memberikan dampak negatif  terutama dalam pemakaian bahasa Indonesia. Bangsa lain merindukan   supaya mereka memilik bahasa sendiri, namun tidak bisa yakni Filipina, Singapura, Malaysia dan India. Sebagai Warga Negara Indonesia bangga  memiliki bahasa sendiri yakni Bahasa  Indonesia. Kadangkala dalam pemakaian seringkali tidak memperhatikan yang semestinya.
Ketika wartawan meminta tanggapannya Nopenius Zai  (Sebagai Ketua Himpunan) Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Bahasa dan  sastra Indonesia IKIP Gunungsitoli tentang hal ini. Ia menyatakan bahwa bahasa Indonesia harus  dijunjung tinggi oleh pemakainya. Selanjutnya ia menyatakan bahasa  Indonesia memiliki kedudukan yang strategis dibanding dengan bahasa lain. Pemeliharaan bahasa Indonesia merupakan tanggung jawab bersama.  Pasal 36 UUD 1945 menjelaskan: Bahasa Negara adalah bahasa Indonesia dan juga  bunyi ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang berbunyi” Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung bahasa Persatuan Bahasa Indonesia”.
 Lebihlanjut wartawan  meminta tanggapan Nopenius Zai untuk  menanggapi hal ini, Pihaknya menyatakan  salah satu partisipasi mahasisiswa, Bapak/I Dosen, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Gunungsitoli bekerjasama dengan LPP RRI Gunungsitoli untuk mengadakan penyiaran “ PEMBINAAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA”.  Dan hal ini telah dimulai tanggal 8 Maret 2012 dengan jadwal Setiap hari Kamis pada pukul: 20.00-21.00 WIB di programa I RRI Gunungsitoli, Frekuensi FM 96,2 M.Hz.  Program ini berkat kerjasama yang baik antara Mahasiswa,  Pengurus HMP terutama Bapak Ketua Program Studi (Elias Laia,S.Pd), Dekan FPBS (Dra.  Nursayani Maru’ao) dan seluruh Bapak/ibu Dosen.
 Agar program ini terlaksana sesuai yang diharapkan telah kita merencanakan siapa-siapa saja Narasumber setiap minggunya, baik dari Dosen maupun Mahasiswa. Adapun nama-nama dimaksud yakni : Elias Laia, S.Pd., Riana,S.Pd.,M.Pd., Verdinand, S.Pd., Dr. Sadieli Telaumbanua, M.Pd.,M.A., Iman Sudi Zega, M.Pd.  dan seluruh Bapak/I Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Juga ada Mahasiswa/I antara lain: Nopenius Zai,  Syafrul laia, Pengalaman Hati Harefa, Kamarudin Zai, Viktor Risman Zega, Selianus Baeha,Yermanitara Zebua, Lestarius Hulu, Berkat Syukur Lase, Berkat Firdaus Lase, Nirmala Zebua, Martha Merlina Zebua, danYusnidar Telaumbanua. Dan juga kita mengisi acara “Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia” di RRI Pro 2 dan hal ini sudah kita mulai. Adapun nama-nama yang menjadi  Narasumber di programa 2 dimaksud yakni: Pengalaman H. Harefa, Nopenius Zai, Kamarudin Zai, Yermanitara Zebua, Saleman Zebua, Lestari Waruwu, Viktor Risman Zega, Lestarius Hulu, Fajarman Zega, Yusnidar Tel., Even Fransiska Waruwu, Juni Herti Ndraha, Dengin Fazlum R. War., Natalia Wau, Wirni Krisnita Waruwu, Agusman Waruwu, dan Darmawati Laoli. 10 Mei. (NpZ)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar