KEMAMPUAN
MENULIS PARAGRAF NARASI
KONTEKSTUAL
SISWA SMP NEGERI 1 GIDO
KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
D
I
S
U
S
U
N
Oleh Kelompok X (Sepuluh) :
Nama : MUNIATI BATE’E
NIM : 082124066
Kelas
: B
Prodi
: Bahasa
Indonesia
M.K
: Penelitian
Dosen Pengasuh :
Dr. SADIELI
TELAUMBANUA, M.Pd.,M.A.
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) GUNUNGSITOLI
T.A. 2009/2010
DAFTAR ISI
BAB I Pendahuluan................................................................................
- Latar Belakang..............................................................................
- Identitas Masalah .........................................................................
- Batasan Masalah ..........................................................................
- Rumusan dan Pemecahan Masalah ...............................................
- Tujuan Penelitian ..........................................................................
- Kegunaan Penelitian .....................................................................
- Asumsi Penelitian .........................................................................
- Defenisi Operasional ....................................................................
BAB II Kajian Pustaka ..............................................................
- Pengertian Paragraf Narasi ...........................................................
- Tujuan Paragraf Narasi..................................................................
- Ciri-ciri ........................................................................................
- Bentuk-bentuk Narasi ..................................................................
- Struktur Narasi ............................................................................
BAB III Metode Penelitian ..................................................................
- Rancangan Penelitian ....................................................................
- Tujuan Paragraf.............................................................................
- Populasi dan Sampel ....................................................................
D.
Jenis Data dan Instrumen...............................................................
KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI
KONTEKSTUAL SISWA SMP NEGERI 1 GIDO
KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2009/2010
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
Menulis adalah kegiatan
yang dilakukan untuk melukiskan lambang-lambang bahasa dalam mengungkapkan
gagasan atau suatu ide ke dalam bentuk tulisan. Hal ini sesuai dengan pendapat
Tarigan (1986 : 21) bahwa lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang
dipahami oleh seseorang, sehingga orang
lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut.
Kegiatan menulis sangat
penting dilakukan oleh seseorang untuk menyampaikan pesan atau gagasan yang
dapat dipahami oleh pembaca. Hal ini sesuai dengan pendapat Tarigan (1982 : 3)
bahwa menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk
berkomunikasi secara tidak langsung tidak secara tatap muka dengan orang lain
selanjutnya, Telaumbanua (1990 ; 6) mengemukakan bahwa menulis adalah kegiatan
memaparkan isi jiwa, pengalaman dan penghayatan dengan menggunakan bahasa tulis
sebagai alatnya.
Keterampilan menulis
sangat dibutuhkan oleh orang-orang terpelajar. Hal ini sesuai dengan pendapat
Morsay dalam Tarigan (1986 : 4) bahwa menulis dipergunakan oleh orang
terpelajar untuk mencatat atau merekam, menyanyikan, melaporkan, memberitahukan
atau mempengaruhi. Salah satu keterampilan menulis yang perlu dilambangkan di
sekolah adalah menulis paragraf narasi. Menulis paragraf narasi merupakan
kegiatan menulis paragraf untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Hal
ini sesuai dengan pendapat Maryani dan Mumu (2005 : 139) bahwa paragraf narasi
adalah paragraf yang memisahkan suatu kejadian atau peristiwa.
Dari beberapa pendapat
tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual makna materi ajar
dengan mengaitkannya terhadap situasi kehidupan sehari-hari serta makna materi
proses pembelajarannya yang holistik dan bertujuan untuk membantu siswa untuk memahami,
sehingga siswa fleksibel untuk mengkonstruksi untuk mencapai hasil pembelajaran
yang baik.
Beberapa hal di atas, maka
penelitian melakukan penelitian dengan upaya meningkatkan kemampuan siswa
menulis paragraf narasi dengan penerapan pendekatan kontekstual di SMP NEGERI 1
GIDO Tahun Pelajaran 2009/2010.
B. Indentifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang
masalah maka ada beberapa masalah yang perlu di identifikasi dalam penelitian :
1.
Kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi masih
rendah.
2.
Penataan kalimat yang kurang tepat.
3.
Pemilihan kata yang tidak sesuai
4.
Motivasi siswa dalam menulis sangat rendah
5.
Metode mengajar guru yang bervariasi.
C. Batasan Masalah
Dari beberapa masalah yang
telah diidentifikasi di atas maka penelitian ini dibatasi pada kemampuan siswa
menulis paragraf narasi pendekatan yang
dilakukan guru dalam mengajar khususnya pendekatan kontekstual.
D. Rumusan dan Pemecahan Masalah
Mengingat permasalahan
yang diuraikan di atas, maka masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
peningkatan kemampuan siswa menulis paragraf narasi dengan pendekatan kontekstual?”
dan” bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan penetapan
pendekatan kontekstual? Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan
dalam meningkatkan kemampuan siswa
menulis paragraf narasi adalah penerapan pendekatan kontekstual pendekatan
pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf
narasi.
E. Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian tindakan kelas ini pada umumnya adalah untuk mengetahui apakah
pendekatan kontekstual dapat diharapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Sedangkan tujuan maksudnya adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan
kemampuan siswa paragraf narasi dengan
penerapan pendekatan kontekstual.
F. Kegunaan Penelitian
Kegunaan yang diharapkan
dalam penelitian ini adalah pertama, secara praktis hasil penelitian ini di
harapkan dapat memberikan masukan bagi guru bidang studi bahasa indonesia
khususnya dalam memilih pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mencapai suatu
kompetentensi khususnya dalam menulis paragraf narasi. Kedua, secara teoritis
penelitian ini diharapkan untuk memperkaya pengetahuan pendekatan khususnya
dalam pembelajaran menulis paragraf
narasi.
G. Asumsi Penelitian
Asumsi dalam penelitian
ini adalah :
1.
Menulis paragraf narasi merupakan salah satu materi
pembelajaran di SMP
2.
Kemampuan siswa menulis paragraf dapat diteliti
3.
Metode penelitian tindakan kelas dapat digunakan untuk
mendapatkan gambaran adanya peningkatan kemampuan siswa menulis paragraf narasi.
H. Keterbatasan Penelitian
1.
Subjek dalam penelitian terbatas pada siswa khususnya
SMP Negeri 1 Gido
2.
Fenomena yang
diamati terbatas pada kemampuan siswa menulis paragraf narasi dengan penerapan
pendekatan kontekstual.
I. Defenisi Operasional
Untuk menghindari
timbulnya perbedaan pengertian maka penelitian memberikan defenisi operasional
yaitu :
1.
Pendekatan kontekstual adalah proses pembelajaran yang
hilistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan
mengaitkan terhadap situasi kehidupannya.
2.
Menulis paragraf
narasi kegiatan mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian secara
tertulis.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Paragraf Narasi
Paragraf narasi adalah
karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar
pembaca seolah-olah menyaksikan atau mengalami kejadian yang diceritakan itu.
Dalam menyusun kerangka
karangan sesungguhnya merupakan rencana kerja yang akan lakukan ketika
mengarang. Banyak kita lebih mengetahui berbagai manfaat antara lain :
a.
Memindahkan penyusunan karangan sehingga karangan
menjadi lebih sistematis dan teratur.
b.
Memudahkan penempatan antara bagian karangan yang
penting dengan yang tidak penting.
c.
Menghindari penempatan antara bagian karangan yang
penting dengan yang tidak penting.
d.
Membantu pengumpulan data dan sumber-sumber pembahasan.
B. Tujuan Paragraf Narasi
Tujuan
paragraf narasi bagi siswa adalah :
a.
Mudah memahami khususnya SMP Negeri 1 Gido
b.
Mempunyai bakat dalam menyusun sebuah karangan.
C.
Ciri-ciri Paragraf
Narasi
1.
Menguraikan peristiwa atau kejadian atau kejadian dari
awal sampai akhir peristiwa.
2.
Kejadian atau peristiwa yang terjadi adalah berurutan.
3.
Menggambarkan atau melukiskan keadaan tokoh yang ada
dalam cerita tersebut.
D.
Bentuk-bentuk Narasi
1.
Narasi Fiktif, Roman, Novel, Dongeng.
2.
Narasi Non-Fiktif, Auto Blografi, Biografi, Insiden,
Sketsa dan Profil.
E.
Struktur Narasi.
Secara umum struktur sebuah narasi dapat
dilihat dari :
a.
Alur (rangkaian waktu)
b.
Perbuatan
Berdasarkan Alur :
-
Pendahuluan
-
Pengembangan
-
Penutup
Berdasarkan Perbuatan :
-
Komponen perbuatan
-
Jalinan yang logis maksudnya masuk akal, sesuai dengan
akal sehat manusia, hanya saja kelogisan ini bersifat relatif.
Hal yang terkait dengan struktur perbuatan
:
1.
Kausalitas (sebab, akibat).
2.
Koraktis
3.
Konflik
4.
Waktu
5.
Makna
6.
Sudut pandangan.
BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Rancangan Penelitian
Metode penelitian adalah
suatu cara yang digunakan di dalam mencapai suatu tujuan masalah yang diteliti.
Di dalam melaksanakan penelitian ini, penulis mempergunakan metode diskripsi
dengan orientasi pemecahan masalah yang ada berdasarkan data yang diperoleh
dari lokasi penelitian.
B.
Populasi dan Sampel
1.
Populasi
Populasi adalah
keseluruhan objek yang menjadi sasaran penelitian Sudjana (1984 : 5) mengatakan
bahwa : “Populasi adalah semua nilai yang memungkinkan hasil hitung atau
pengukuran kualitatif maupun kuantitatif pada karakteristik tertentu mengenai
kesimpulan data yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya”.
Sehubungan dengan pendapat
di atas, yang menjadi populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Gido Tahun Pelajaran 2009/2010.
2.
Sampel
Menurut Arikunto (2002 :
108) “Sampel adalah sebagai atau wakil populasi yang diteliti”, bila populasi
besar dan penelitian tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi
maka penelitian dapat menggunakan sampel yang di ambil dari populasi sehingga
sampel harus betul-betul represenratif (Sugyono, 2006 : 56).
Dari metode penelitian
yang di gunakan adalah metode eksperimen yang membutuhkan 2 kelompok.
C. Jenis dan Sumber Data
1.
Jenis Data
Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden.
2.
Sumber Data
Yang menjadi sumber data
dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII1, VIII2, VIII3,
yang telah menjadi sampel penelitian yang berjumlah 30 orang.
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1.
Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian yang memberi teks objektif yang terdiri dari 20
butir soal untuk P.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar