Jumat, 01 Maret 2013

KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI




KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI
KONTEKSTUAL SISWA SMP NEGERI 1 GIDO
KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2009/2010

D
I
S
U
S
U
N

 Oleh  Kelompok X (Sepuluh) :
Nama     :  MUNIATI BATE’E
NIM       :   082124066
Kelas      :   B
Prodi      :   Bahasa Indonesia
M.K       :   Penelitian

Dosen Pengasuh :
Dr. SADIELI  TELAUMBANUA, M.Pd.,M.A.


 






INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) GUNUNGSITOLI
T.A. 2009/2010
DAFTAR ISI

BAB I Pendahuluan................................................................................
  1. Latar Belakang..............................................................................
  2. Identitas Masalah .........................................................................
  3. Batasan Masalah ..........................................................................
  4. Rumusan dan Pemecahan Masalah ...............................................
  5. Tujuan Penelitian ..........................................................................
  6. Kegunaan Penelitian .....................................................................
  7. Asumsi Penelitian .........................................................................                              
  8. Defenisi Operasional ....................................................................
BAB II Kajian Pustaka           ..............................................................
  1. Pengertian Paragraf Narasi ...........................................................
  2. Tujuan Paragraf Narasi..................................................................
  3. Ciri-ciri ........................................................................................
  4. Bentuk-bentuk Narasi ..................................................................
  5. Struktur Narasi ............................................................................
BAB III Metode Penelitian ..................................................................
  1. Rancangan Penelitian ....................................................................
  2. Tujuan Paragraf.............................................................................
  3. Populasi dan Sampel ....................................................................
D.     Jenis Data dan Instrumen...............................................................
KEMAMPUAN  MENULIS  PARAGRAF  NARASI
KONTEKSTUAL SISWA SMP NEGERI 1 GIDO
 KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2009/2010
BAB I Pendahuluan
A.     Latar Belakang Masalah
                      Menulis adalah kegiatan yang dilakukan untuk melukiskan lambang-lambang bahasa dalam mengungkapkan gagasan atau suatu ide ke dalam bentuk tulisan. Hal ini sesuai dengan pendapat Tarigan (1986 : 21) bahwa lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh  seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut.
                      Kegiatan menulis sangat penting dilakukan oleh seseorang untuk menyampaikan pesan atau gagasan yang dapat dipahami oleh pembaca. Hal ini sesuai dengan pendapat Tarigan (1982 : 3) bahwa menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung tidak secara tatap muka dengan orang lain selanjutnya, Telaumbanua (1990 ; 6) mengemukakan bahwa menulis adalah kegiatan memaparkan isi jiwa, pengalaman dan penghayatan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alatnya.
                      Keterampilan menulis sangat dibutuhkan oleh orang-orang terpelajar. Hal ini sesuai dengan pendapat Morsay dalam Tarigan (1986 : 4) bahwa menulis dipergunakan oleh orang terpelajar untuk mencatat atau merekam, menyanyikan, melaporkan, memberitahukan atau mempengaruhi. Salah satu keterampilan menulis yang perlu dilambangkan di sekolah adalah menulis paragraf narasi. Menulis paragraf narasi merupakan kegiatan menulis paragraf untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Hal ini sesuai dengan pendapat Maryani dan Mumu (2005 : 139) bahwa paragraf narasi adalah paragraf yang memisahkan suatu kejadian atau peristiwa.  
                      Dari beberapa pendapat tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap situasi kehidupan sehari-hari serta makna materi proses pembelajarannya yang holistik dan bertujuan untuk membantu siswa untuk memahami, sehingga siswa fleksibel untuk mengkonstruksi untuk mencapai hasil pembelajaran yang baik.
                      Beberapa hal di atas, maka penelitian melakukan penelitian dengan upaya meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf narasi dengan penerapan pendekatan kontekstual di SMP NEGERI 1 GIDO Tahun Pelajaran 2009/2010.
B.     Indentifikasi Masalah
                      Berdasarkan latar belakang masalah maka ada beberapa masalah yang perlu di identifikasi dalam penelitian :
1.      Kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi masih rendah.
2.      Penataan kalimat yang kurang tepat.
3.      Pemilihan kata yang tidak sesuai
4.      Motivasi siswa dalam menulis sangat rendah
5.      Metode mengajar guru yang bervariasi.



C.     Batasan Masalah
                      Dari beberapa masalah yang telah diidentifikasi di atas maka penelitian ini dibatasi pada kemampuan siswa menulis  paragraf narasi pendekatan yang dilakukan guru dalam mengajar khususnya pendekatan kontekstual.
D.    Rumusan dan Pemecahan Masalah
                      Mengingat permasalahan yang diuraikan di atas, maka masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kemampuan siswa menulis paragraf narasi dengan pendekatan kontekstual?” dan” bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan penetapan pendekatan kontekstual? Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan  siswa menulis paragraf narasi adalah penerapan pendekatan kontekstual pendekatan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf narasi.
E.     Tujuan Penelitian
                      Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini pada umumnya adalah untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual dapat diharapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan tujuan maksudnya adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan siswa  paragraf narasi dengan penerapan pendekatan kontekstual.
F.      Kegunaan Penelitian
                      Kegunaan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah pertama, secara praktis hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan masukan bagi guru bidang studi bahasa indonesia khususnya dalam memilih pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mencapai suatu kompetentensi khususnya dalam menulis paragraf narasi. Kedua, secara teoritis penelitian ini diharapkan untuk memperkaya pengetahuan pendekatan khususnya dalam pembelajaran menulis paragraf  narasi.
G.    Asumsi Penelitian
                      Asumsi dalam penelitian ini adalah :
1.      Menulis paragraf narasi merupakan salah satu materi pembelajaran di SMP
2.      Kemampuan siswa menulis paragraf dapat diteliti
3.      Metode penelitian tindakan kelas dapat digunakan untuk mendapatkan gambaran adanya peningkatan kemampuan siswa menulis paragraf  narasi.
H.    Keterbatasan Penelitian
1.      Subjek dalam penelitian terbatas pada siswa khususnya SMP Negeri 1 Gido
2.      Fenomena  yang diamati terbatas pada kemampuan siswa menulis paragraf narasi dengan penerapan pendekatan kontekstual.
I.       Defenisi Operasional
                      Untuk menghindari timbulnya perbedaan pengertian maka penelitian memberikan defenisi operasional yaitu :
1.      Pendekatan kontekstual adalah proses pembelajaran yang hilistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkan terhadap situasi kehidupannya.
2.     Menulis paragraf  narasi kegiatan mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian secara tertulis.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.     Pengertian Paragraf Narasi
                         Paragraf narasi adalah karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca seolah-olah menyaksikan atau mengalami kejadian yang diceritakan itu.
                         Dalam menyusun kerangka karangan sesungguhnya merupakan rencana kerja yang akan lakukan ketika mengarang. Banyak kita lebih mengetahui berbagai manfaat antara lain :
a.       Memindahkan penyusunan karangan sehingga karangan menjadi lebih sistematis dan teratur.
b.      Memudahkan penempatan antara bagian karangan yang penting dengan yang tidak penting.
c.       Menghindari penempatan antara bagian karangan yang penting dengan yang tidak penting.
d.      Membantu pengumpulan data dan sumber-sumber pembahasan.
B.     Tujuan Paragraf Narasi
Tujuan paragraf narasi bagi siswa adalah :
a.       Mudah memahami khususnya SMP Negeri 1 Gido
b.      Mempunyai bakat dalam menyusun sebuah karangan.

C.     Ciri-ciri Paragraf  Narasi
1.      Menguraikan peristiwa atau kejadian atau kejadian dari awal sampai akhir peristiwa.
2.      Kejadian atau peristiwa yang terjadi adalah berurutan.
3.      Menggambarkan atau melukiskan keadaan tokoh yang ada dalam cerita tersebut.
D.     Bentuk-bentuk Narasi
1.      Narasi Fiktif, Roman, Novel, Dongeng.
2.      Narasi Non-Fiktif, Auto Blografi, Biografi, Insiden, Sketsa dan Profil.
E.      Struktur Narasi.
      Secara umum struktur sebuah narasi dapat dilihat dari :
a.       Alur (rangkaian waktu)
b.      Perbuatan
      Berdasarkan Alur :
-         Pendahuluan
-         Pengembangan
-         Penutup
      Berdasarkan Perbuatan :
-         Komponen perbuatan
-         Jalinan yang logis maksudnya masuk akal, sesuai dengan akal sehat manusia, hanya saja kelogisan ini bersifat relatif.
      Hal yang terkait dengan struktur perbuatan :
1.      Kausalitas (sebab, akibat).
2.      Koraktis
3.      Konflik
4.      Waktu
5.      Makna
6.      Sudut pandangan.

BAB III
METODE PENELITIAN
A.     Rancangan Penelitian
                      Metode penelitian adalah suatu cara yang digunakan di dalam mencapai suatu tujuan masalah yang diteliti. Di dalam melaksanakan penelitian ini, penulis mempergunakan metode diskripsi dengan orientasi pemecahan masalah yang ada berdasarkan data yang diperoleh dari lokasi penelitian.
B.     Populasi dan Sampel
1.      Populasi
                      Populasi adalah keseluruhan objek yang menjadi sasaran penelitian Sudjana (1984 : 5) mengatakan bahwa : “Populasi adalah semua nilai yang memungkinkan hasil hitung atau pengukuran kualitatif maupun kuantitatif pada karakteristik tertentu mengenai kesimpulan data yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya”.
                      Sehubungan dengan pendapat di atas, yang menjadi populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gido Tahun Pelajaran 2009/2010.     
2.       Sampel
                      Menurut Arikunto (2002 : 108) “Sampel adalah sebagai atau wakil populasi yang diteliti”, bila populasi besar dan penelitian tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi maka penelitian dapat menggunakan sampel yang di ambil dari populasi sehingga sampel harus betul-betul represenratif (Sugyono, 2006 : 56).
                      Dari metode penelitian yang di gunakan adalah metode eksperimen yang membutuhkan 2 kelompok.
C.     Jenis dan Sumber Data
1.      Jenis Data
                      Jenis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden.
2.      Sumber Data
                      Yang menjadi sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII1, VIII2, VIII3, yang telah menjadi sampel penelitian yang berjumlah 30 orang.
D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1.      Teknik pengumpulan data
                      Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yang memberi teks objektif yang terdiri dari 20 butir soal untuk P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar