Jumat, 01 Maret 2013

Jurnal Harian



Jurnal Harian









SENANG
Kesenangan merupakan sesuatu yang dirasakan secara individu maupun kelompok. Begitu juga yang dirasakan oleh mahasiswa IKIP Gunungsitoli. Jurusan bahasa Indonesia. Semester II. Kelas B. T.A. 2008/2009. Ketika Pak Dr. Sadieli Tel., M.Pd., M.A. Mengasuh M.K.  Menulis I. Pak Sady memaparkan topik-topik perkuliahan selama satu Semester. Ditambahkannya dengan membagi Silabus Perkuliahan. (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 3 Februari 2009



 


MASA REMAJA
Masa remaja merupakan masa yang banyak menarik perhatian. Sifat-sifat khas peranannya. Yang menentukan dalam kehidupan dengan lingkungan orang dewasa. Masa remaja banyak mengalami perubahan. Terutama perubahan fisik. Pada pemikirannya sering tidak tenang. Lebih banyak tidur. Kelihatannya seperti pemurung. Ragu-ragu dan non sosial. Sikap yang ditunjukkannya kurang menyenangkan dan tidak mau tahu keadaan lingkungan. (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 10 Februari 2009


Gunungsitoli, 3 Februari 2009
 


TURUNNYA HARGA GETAH
Dimana-mana masyarakat membicarakan turunnya harga getah. Ibu-ibu sambil belanja bingung membagi uang belanja. Bapak-bapak dikantor sibuk membicarakan efek turunnya harga getah. Masyarakat yang pekerjaannya menggetah sibuk mengkalkulasikan harga kebutuhan sehari-hari. Para mahasiswa mengeluh uang kuliah dan kebutuhan sehari-hari dikost. Anak SMA, SMP tidak  mampu memfotokopi buku pelajaran. Anak TK menangis tidak memiliki jajan. (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 3 Maret 2009


Gunungsitoli, 3 Februari 2009
 



NASIB PEGAWAI NEGERI
Nasib pegawai negeri berangsur-angsur diperbaiki. Penghasilan mereka sejak tahun 2005 beberapa kali dinaikkan. Bagi Dosen, guru, tenaga peneliti sudah diberikan tunjangan fungsional. Ditambah kepada guru-guru yang sudah lama mengajar ada istilah sertifikasi. Perumahan pegawai negeri berangsur-angsur ditambah. Jaminan kesehatan sudah dilaksanakan melalui penggunaan kartu biru.
Jaminan hari tua ditanggung. Kenaikan pangkat lebih baik pengadministrasianya dibanding dengan tahun sebelumnya. Pegawai yang bekerja dengan baik diberikan penghargaan. Banyak usaha pemerintah yang telah dilaksanakan Yang mengarah kepada perbaikan nasib pegawai negeri. (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 17 Februari 2009


 


PERHATIAN PEMERINTAH

Kecamatan Ulugawo yang baru dimekarkan pada tahun 2006 yang lalu. Mendapat perhatian yang sangat serius dari pemerintah daerah Kabupaten Nias. Dapat dirasakan sendiri oleh masyarakat Ulugawo. Ketika Pak Bupati Binahati B. Baeha, S.H. Menyampaikan kata sambutannya. Pada peringatan tiga tahun berdirinya kecamatan Ulugawo. Tepatnya pada bulan Maret 2009 yang lalu. (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 10 Maret 2009
 

 

























































MENJAGA SUARA RAKYAT
 Perubahan sistem pemilu sudah berulangkali dilakukan. Terakhir dalam penyelenggaran pemilu 2009. Yang sebentar lagi akan tiba. Dengan perolehan ini, semakin menguatkan kedaulatan rakyat. Rakyatlah yang berkehendak. Suara rakyatlah yang harus ditampung. Dan diterjemahkan dalam bentuk partai yang berkuasa lima tahun kedepan.
Suara rakyat harus dikenal. Suara rakyat jangan sampai kabur, itulah yang diutamakan. Suara rakyat jangan salah diterjemahkan. Jika salah menerjemahkan berarti pengkhianatan kepada rakyat itu sendiri. Sejatinya persoalan teknis pemilu jangan sampai mempersulit. Atau jangan sampai menimbulkan keraguan bagi rakyat. Biarlah rakyat santai, tenang dan mudah menyampaikan suaranya. (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 24 Februari 2009



 
 




















































PENGAMPUNAN

Pengampunan adalah salah satu bentuk yang realisme. Pengampunan membuat kita mampu mengintropeksi diri kita sendiri. Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita sebagaimana adanya. Pengampunan berarti memaafkan orang lain dari kesalahannya. Dengan kita mengampuni, maka kita mendapat kebahagiaan dalam diri kita. (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 17 Maret 2009

 
 

















MASYARAKAT HILIMBOWO PERAMAH

Umumnya, masyarakat desa Hilimbowo. Kecamatan Ulugawo. Kabupaten Nias peramah. Hampir semua anggota masyarakat disana mau membantu bila diminta. Tamu asing yang minta penjelasan tentang sesuatu akan dibantunya dengan senang hati. Bertemu dengan siapa saja dijalan akan disapanya. Dengan sopan dan ramah. Mereka tidak pernah cemberut menghadapi tamu-tamunya. Menghidangkan sesuatu kepada tamu pastilah dengan ucapan merendah disertai senyum. (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 24 Maret 2009

 
 



















PENCEMARAN UDARA
Pencemaran udara disebabkan terkikisnya lapisan ozon. Yang mengakibatkan sinar matahari tembus ke bumi. Tanpa memiliki penghalang. Pencemaran udara mengandung zat kimia. Yang melewati batas tertentu. Sehingga, membahayakan kesehatan masyarakat (manusia), hewan dan tumbuhan. Dengan demikian, polusi udara merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup.

 Pencemaran udara memang terjadi secara alamiah, sejak bumi terbentuk. Sebab fenomena alam seperti : gunung merapi, kebakaran hutan, badai, debu, dll. Dapat mencemari udara, tetapi kesemuanya masih dalam batas-batas tertentu. Kendaraan bermotor meninggalkan asap hitam. Orang langsung menutup hidung sambil terbatuk-batuk. (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 31 Maret 2009

 
 
























PERSIAPAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Dimana-mana masyarakat membicarakan nilai kelulusan anak sekolah. Yang setiap tahun meningkat. Pada T.A 2008/2009 standar kelulusan 5,50. Dari setiap mata pelajaran yang di UN. Guru sibuk memberikan bimbingan test kepada siswa. Anak sekolah banyak belajar dan membahas soal-soal ujian nasional sebelumnya. Guru dan pegawai membenahi ruang ujian. Orang tua selalu mengarahkan anaknya serta memperlengkapi anaknya dalam menghadapi ujian nasional. (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 7 April 2009

 
 










PEMILU
Pesta demokrasi, kembali kita jelang. Tepatnya pada hari  kami, tanggal 9 April mendatang. Diadakan sekali dalam lima tahun. Pesta demokrasi merupakan salah satu cara pemerintah. Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Nias dalam memberikan suaranya. Serta menentukan wakilnya ditingkat pemerintahan kabupaten Nias.

Menjelang pesta demokrasi. Panitia pemilu sibuk membagikan kotak suara dan surat suara. Mulai dari tingkat kecamatan sampai ke desa. Para caleg DPR sibuk. Dalam melayani pengurus mereka dari kecamatan maupun desa. Pengurus mensosialisasikan cara pencontrengan yang baik dan benar kepada masyarakat.

Tepatnya pada hari kamis. Tanggal 9 April 2009 sebagai puncaknya. Seluruh masyarakat datang berbondong-bondong ke TPS. Untuk memberikan suaranya sesuai dengan hati nuraninya. Setelah ke TPS. Masing-masing dipanggil petugas untuk memberikan suaranya. Panggilan sesui dengan nomor urut kedatangannya. Sekitar pukul 13.00 masyarakat yang datang dan belum mendapatkan surat panggilan. Pulang dengan kecewa. Dia langsung mendatangi ramah pak RT dengan memarahinya.  Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 14 April 2009

 
 



























PENTINGNYA KEGIATAN ROHANI
Mahasiswa IKIP Gunungsitoli. Mengikuti perayaan paskah. Yang diselenggarakan oleh SMPT. IKIP Gunungsitoli. T.A. 2009/2010. Bertempat di Gereja distrik Hosiana. Dihadiri sejumlah mahasiswa berbagai jurusan. Rektor IKIP Gunungsitoli Pak Desman Telaumbanua, M.Pd. Beberapa orang Dosen dan pegawai. Dan turut dihadiri Bapak Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias. Serta Bapak Pengkhotbah. Dalam kata sambutannya. Pak rektor IKIP Gunungsitoli Desman Telaumbanua, M.Pd. Pentingnya kerjasama yang baik dalam menguasai IPTEK. Dan persaudaraan di kampus IKIP Gunungsitoli. Ditambahkannya Pak Desman Telaumbanua. Agar kegiatan rohani menjadi salah satu program SMPT setiap bulan. Apabila SMPT kekurangan dana. Pak Desman Telaumbanua, menyiapkan dana transportasi pengkhotbah. (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 21 April 2009

 
 


















LUPA MEMUTAR JAM MEJA
    Jam meja yang biasanya berdering pukul 5 pagi untuk membangunkan daku. Sekali ini membisu. Karena lupa diputar semalam. Akibatnya saya terlambat bangun. Cepat-cepat saya pergi ke kamar mandi. Ternyata pasta gigipun habis ; mau sarapan nasi belum masak ; mau berpakaian baju kotor. Untung ada baju temanku sekamar dengan saya.
Ketika saya pergi ke kampus hari hujan. Akhirnya saya terlambat datang. Saya tidak hanya terlambat dan basah kuyup. Tetapi di kampus dapat omelan dari teman-temanku. Untung dosen terlambat masuk. (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 5 Mei 2009

 
 















HIMPUNAN MAHASISWA (HMP) BAHASA INDONESIA
Tepatnya pada hari Senin, tanggal 11 Mei 2009. Pengurus inti HMP bahasa Indonesia yang baru. Periode 2009/2010. Mengadakan pertemuan dengan mahasiswa jurusan bahasa Indonesia. Untuk membentuk kepengurusan. Pada pertemuan tersebut. Dihadiri empat puluh orang mahasiswa jurusan bahasa Indonesia dari berbagai tingkatan. Seusai pembentukan kepengurusan. Ketua HMP mengungkapkan. “Program HMP selama ini sudah berjalan, namun belum berkesinambungan.” Maka dengan terbentuknya pengurus HMP yang baru. Periode 2009/2010. Mari bergandeng tangan. Dalam mewujudkan organisasi HMP bahasa Indonesia terdepan.   (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 12 Mei 2009

 
 


















AKIBAT GEMPA
  Beberapa waktu yang lalu. Banjir melanda pasar Bojihono, akibat gempa. Puluhan rumah tenggelam. Kerugian mencapai satu milyaran rupiah. Dan menelan korban sepuluh orang meninggal. Seorang penduduk di luar desa Bojihöna. Menyurati kepala daerah kabupaten Nias. Berisi pernyataan terhadap kondisi pasar Bojihöna. Menurutnya, pasar Bojihöna tidak seperti semula. Yang selama ini terlihat bersih.  (Nopenius Zai)
Gunungsitoli, 28 April 2009

 
 


























Dr. SADIELI TELAUMBANUA, M.Pd.,M.A.
Pak Sady, merupakan salah satunya dosen di perguruan tinggi IKIP  Gunungsitoli, yang memiliki bakat menulis. Sady lebih banyak menulis tentang ilmu pengetahuan. Tulisannya sudah banyak di muat pada surat kabar. Dan banyak di temukan di perpustakaan IKIP Gunungsitoli. Tulisannya sudah banyak digunakan oleh dosen, guru, pegawai dan mahasiswa IKIP Gunungsitoli dalam proses pembelajaran. Tulisannya bukan hanya digunakan dalam proses pembelajaran, tetapi digunakan sebagai sumber rancangan Skripsi.
Sady bukan hanya dosen biasa. Dia juga sebagai pembantu rektor I. Di IKIP Gunungsitoli. Tentu dalam tugasnya sehari-hari sangat menyibukkan. Pak Sady mampu membagi waktunya. Dalam proses perkuliahan Sady memiliki disiplin. Apabila ada mahasiswa yang terlambat, maka tidak di ijinkan mengikuti perkuliahannya.
  Dalam proses perkuliahannya, Pak Sady menyampaikan sejumlah materi dengan bahasa yang sederhana. Mahasiswa tenang mengikuti perkuliahannya. Pak Sady mengasuh mata kuliah menulis I. Di semester II. Mata kuliah yang diasuhnya menjadi sangat bermanfaat kepada mahasiswa. IKIP Gunungsitoli.  (Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 19 Mei 2009





 



KETIKA SAKIT
Waktu bangun pagi. Saya merasa badanku kurang enak. Seharian itu saya tidak kuliah dan panas saya amat tinggi. Malamnya makin bertambah juga. Dan saya pun sudah igau-igauan. Besoknya demamku agak turun sedikit. Tetapi bukan main rinduku hendak kuliah dan bertemu dengan teman-temanku.
(Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 26 Mei 2009

 



SENANG
 Hari demi hari telah terlewati. Tidak terasa hampir setahun. Saya telah mengikuti perkuliahan di IKIP Gunungsitoli. Banyak suka dan duka yang saya alami. Banyak tugas yang selaku membebani pikiranku. Semuanya saya bisa menyelesaikan atas kuasa Tuhan. Hari-hariku penuh dengan semangat. Ketika saya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Serta mendapat nilai yang memuaskan. Kini saatnya, saya mulai beranjak pada semester berikutnya. Mudah-mudahan Tuhan memberkati. Amin.
(Nopenius Zai)

Gunungsitoli, 26 Mei 2009

 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar